Kamis, 31 Maret 2011

TUGAS 2 SOFTSKILL

Nama : Ratih Erviana Dewi
Kelas : 4 EB 13
NPM : 20207895
MK : AKUNTANSI INTERNASIONAL


REDENOMINASI

http://www.youtube.com/watch?v=mlxNYOH1nBw&feature=related

Wacana redenominasi atau penyederhanaan nilai nominal rupiah (tanpa mengubah nilai tukarnya) yang dilontarkan Bank Indonesia (BI), hingga kini masih menuai pro-kontra. Kebijakan ini bakal memiliki efek yang sangat besar bagi industri perbankan. Selain itu, rencana redenominasi rupiah bakal memakan biaya tinggi.
Rencana redenominasi bukan hanya menimbulkan polemik. Masyarakat juga merasa resah karena rencana tersebut mengingatkan kembali pada pemotongan nilai rupiah atau sanering yang membawa kekacauan pada masa pemerintahan Soekarno. Sehingga protes bermunculan, baik dari kalangan perbankan, analis, ekonom, dan pengusaha.
Namun, masyarakat tak perlu khawatir dan resah. Penerapan redenominasi tidak akan merugikan masyarakat dari sisi nilai rupiah. Prosesnya juga, dipercaya tidak akan diikuti inflasi.
Redenominasi bukanlah sanering seperti yang dilakukan di masa Soekarno. Melalui redenominasi, rencananya tiga angka nol akan dihapus. "Redenominasi ini terminologi yang tidak terlalu mudah buat lidah kita, tetapi pengertiannya bukan sanering atau pemotongan nilai uang," . Tapi, apa pun istilahnya, masyarakat terutama orang awam tetap merasa bingung. Penyederhanaan nilai nominal rupiah dikhawatirkan akan menyulitkan mereka jika akan melakukan transaksi atau pembelian barang.
Redenominasi hanya merupakan penyederhanaan penyebutan satuan harga maupun nilai mata uang. Artinya, pecahan mata uang disederhanakan tanpa mengurangi nilai dari uang. Misalnya, Rp 1.000 akan menjadi Rp 1, Rp 1.000.000 jadi Rp 1.000. Tapi, nilai uang sebelum dan sesudah redenominasi itu sama.
Masyarakat nanti bisa pergi ke bank untuk menukarkan uang lama sebesar Rp 1.000 dengan uang baru Rp 1. Sedang jika menukarkan uang lama Rp 100.000 akan diganti dengan uang Rp 100. Nilai keduanya sama. Untuk uang baru, BI berencana menuliskan kata "uang baru" di kertas uang. Untuk pecahan kecil, maka akan ada uang baru berupa koin atau logam dengan pecahan sen.
Untuk pembelian barang, nantinya sebuah barang akan diberi dua label harga. Contohnya, baju yang saat ini seharga Rp 100.000, akan ditempeli label tambahan "harga dengan uang baru Rp 100". Apabila seseorang membeli baju tersebut dengan uang lama, maka dia harus membayar senilai Rp 100.000. Tapi, jika membayar dengan uang baru, maka dia membayar senilai Rp 100.
Mulai tahun depan BI akan melakukan tahap sosialisasi mengenai redenominasi ke seluruh lapisan masyarakat. Sosialisasi juga bakal menyentuh aspek akuntansi atau pencatatan di seluruh instansi pemerintah maupun swasta. Namun sepertinya redenominasi akan bisa terlaksana secara keseluruhan 10 tahun kedepan.

Rabu, 30 Maret 2011

Bahasa Inggris Bisnis 2 (TUGAS 4)

Nama : Ratih Erviana Dewi
NPM : 20207895
Kelas : 3 EB 12
Dosen : Hermenegildus Agus Wibowo


SURAT CUSTOMER SERVICE 2
To
Redaksi Surat Pembaca
Okezone.com
I regret for Telkomsel GSM operators are not able to serve customers well. On 16 January 2010, I as a GSM subscriber (SIMPATI) wonder why there are no incoming calls or SMS at 07.00 until 13.00.
Then I try to send an SMS and try to call, was not at all. In fact, checking the pulse could not. I replace the phone was no effect. Then I set aside some time, eventually the signal at 17.00 even lost altogether.
Though the networks have the option of Telkomsel, but can not be selected. I think the problem with my sim card, then I send some message to colleagues in some areas with other operators. Apparently they give info if Telkomsel do not operate well, and only 20.00 Telkomsel can operate.
It is unfortunate, Telkomsel party does not give information via SMS to the customer. Though advertising and promotional information is always stop by! Even the mere apology or SMS notification does not exist! Pessimistic about the public service in this country. Hopefully someone can provide customer service as appropriate and hopefully be able to Telkomsel. Thank you.
Ratih Erviana Dewi
Jl Ceria 1 Blok F 87 No. 2

(Terjemahan)
Kepada
Redaksi Surat Pembaca
Okezone.com
Saya menyesalkan operator GSM sebesar Telkomsel yang tidak mampu melayani konsumennya dengan baik. Pada tanggal 16 Januari 2010, saya sebagai pelanggan GSM tersebut (SIMPATI) heran kenapa tidak ada panggilan atau SMS masuk pada pukul 07.00 sampai 13.00.
Lalu saya coba mengirim SMS dan mencoba panggilan, ternyata tidak bisa sama sekali. Bahkan, mengecek pulsa pun tidak bisa. Saya ganti ponsel pun tidak ada pengaruh. Lalu saya diamkan beberapa lama, akhirnya pada pukul 17.00 malah hilang sinyal sama sekali.
Padahal di pilihan network terdapat Telkomsel, tapi tidak bisa dipilih. Saya pikir masalah dengan sim card saya, maka saya kirim beberapa pesan kepada rekan di beberapa daerah dengan operator lain. Ternyata mereka memberi info kalau Telkomsel tidak beroperasi juga, dan baru pukul 20.00 Telkomsel bisa beroperasi.
Sangat disayangkan, pihak Telkomsel tidak memberi informasi melalui SMS kepada pelanggan. Padahal informasi iklan dan promo selalu mampir! Bahkan SMS sekedar meminta maaf ataupun pemberitahuan tidak ada! Pesimis dengan pelayanan publik di negeri ini. Mudah-mudahan ada yang bisa memberikan pelayanan konsumen sebagaimana layaknya dan semoga Telkomsel mampu. Terima kasih.
Ratih Erviana Dewi
Jl Ceria 1 Blok F 87 No. 2

Bahasa Inggris Bisnis 2 (TUGAS 3)

Nama : Ratih Erviana Dewi

Kelas : 3 EB 12

NPM : 20207895

Dosen : Hermenegildus Agus Wibowo


SURAT UTANG DAN PENAGIHAN UTANG

2nd January 2010


Mrs. Ratih
Ceria 1st Street
Bekasi, Narogong
________________________


Dear, Mr Rasya

We are sure that you will not object to this reminder that there is a
balance due of $ 2.000.000 on your monthly account.

If you have not mailed your check, please do so now, this will bring
your account up-to-date.

Thank you, we appreciate your business.

Cordially,

Ratih, Director

(Terjemahan)

2 Januari 2010

Ibu Ratih
Jalan Ceria 1
Bekasi, Narogong
________________________

Kepada Bapak Rasya

Kami yakin bahwa Anda tidak akan keberatan untuk pengingat ini bahwa ada
tempo $ 2.000.000 pada rekening bulanan Anda keseimbangan.
Jika Anda belum mengirimkan cek Anda, silahkan lakukan sekarang, ini akan membawa
account Anda up-to-date.
Terima kasih, kami menghargai bisnis Anda.

Hormat,

Ratih, Direktur

Kamis, 17 Maret 2011

B.Inggris Bisnis 2 (Tugas 2)

Nama : Ratih Erviana Dewi

NPM : 20207895

Kelas : 3 EB 12

Dosen : Hermenegildus Agus

Wibowo



SURAT CUSTOMER SERVICE (TUGAS2)

To
Redaksi Surat Pembaca
Okezone.com

I regret for Telkomsel GSM operators are not able to serve customers well. On 16 January 2010, I as a GSM subscriber (SIMPATI) wonder why there are no incoming calls or SMS at 07.00 until 13.00.
Then I try to send an SMS and try to call, was not at all. In fact, checking the pulse could not. I replace the phone was no effect. Then I set aside some time, eventually the signal at 17.00 even lost altogether.
Though the networks have the option of Telkomsel, but can not be selected. I think the problem with my sim card, then I send some message to colleagues in some areas with other operators. Apparently they give info if Telkomsel do not operate well, and only 20.00 Telkomsel can operate.
It is unfortunate, Telkomsel party does not give information via SMS to the customer. Though advertising and promotional information is always stop by! Even the mere apology or SMS notification does not exist! Pessimistic about the public service in this country. Hopefully someone can provide customer service as appropriate and hopefully be able to Telkomsel. Thank you.

Rasya Shadiq Faeyza

Jl Ceria 1 Blok F 87 No. 2

(Terjemahan)

Kepada
Redaksi Surat Pembaca
Okezone.com

Saya menyesalkan operator GSM sebesar Telkomsel yang tidak mampu melayani konsumennya dengan baik. Pada tanggal 16 Januari 2010, saya sebagai pelanggan GSM tersebut (SIMPATI) heran kenapa tidak ada panggilan atau SMS masuk pada pukul 07.00 sampai 13.00.
Lalu saya coba mengirim SMS dan mencoba panggilan, ternyata tidak bisa sama sekali. Bahkan, mengecek pulsa pun tidak bisa. Saya ganti ponsel pun tidak ada pengaruh. Lalu saya diamkan beberapa lama, akhirnya pada pukul 17.00 malah hilang sinyal sama sekali.
Padahal di pilihan network terdapat Telkomsel, tapi tidak bisa dipilih. Saya pikir masalah dengan sim card saya, maka saya kirim beberapa pesan kepada rekan di beberapa daerah dengan operator lain. Ternyata mereka memberi info kalau Telkomsel tidak beroperasi juga, dan baru pukul 20.00 Telkomsel bisa beroperasi.
Sangat disayangkan, pihak Telkomsel tidak memberi informasi melalui SMS kepada pelanggan. Padahal informasi iklan dan promo selalu mampir! Bahkan SMS sekedar meminta maaf ataupun pemberitahuan tidak ada! Pesimis dengan pelayanan publik di negeri ini. Mudah-mudahan ada yang bisa memberikan pelayanan konsumen sebagaimana layaknya dan semoga Telkomsel mampu. Terima kasih.

Rasya Shadiq Faeyza
Jl Ceria 1 Blok F 87 No. 2

Rabu, 09 Maret 2011

TUGAS 1 B.Inggris Bisnis 2

Nama : Ratih Erviana Dewi

Kelas : 3 EB 12

NPM : 20207895


Contoh Surat Marketing (Tugas 1)

Filed Under: Umum

Tags: B.Inggris Bisnis 2 (Softskill)

PT. Sumber Electronik

Jl. Melati Raya 89
Jakarta Timur 13630

Juny 17, 2011

Mr Jimmy Prayuda
Wakil Presiden untuk pemasaran
PT. Panasonic Gobel Indonesia

Jl. Dewi Sartika 14 Cawang,
Jakarta 13630 Indonesia

Dear Mr. Takashi:
I believe my 10 years of solid marketing background would be an asset to PT. Panasonic Gobel Indonesia.

In my association with PT. Sumber Electronic, I was responsible for increasing sales of a $50 million product line between 10% and 35% in 20 markets after years of consistent decline. I also reversed continual losses of what once was a $200 million profit center and restored profitability to several smaller operations scheduled for write-offs. In addition, I have been successful in opening market areas previously unknown to the company.

As you see from the enclosed resume I am also experienced in new product development, acquisitions, licensing, and export. When can we set up an appointment to discuss a sales or marketing position with your firm? I may be reached at (021) 45642222.

Sincerely,

Ratih Erviana Dewi

(Terjemahan)

PT. Sumber Elektronik

Jl. Melati Raya 89
Jakarta Timur 13630

17 Juni 2011

Mr Jimmy Prayuda
Wakil Presiden untuk pemasaran
PT. Panasonic Gobel Indonesia

Jl. Dewi Sartika 14 Cawang,
Jakarta 13630 Indonesia

Dear Mr Takashi:
Saya percaya saya 12 tahun latar belakang pemasaran yang solid akan menjadi aset kepada PT. Panasonic Gobel Indonesia.

Dalam hubungan saya dengan PT. Sumber Elektronik, saya bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan suatu lini produk $ 50.000.000 antara 10% dan 35% di 20 pasar setelah bertahun-tahun penurunan yang konsisten. Saya juga terbalik kerugian terus-menerus dari apa yang sebelumnya merupakan $ 200.000.000 profit center dan keuntungan dikembalikan ke beberapa operasi kecil dijadwalkan untuk write-off. Selain itu, saya telah berhasil membuka daerah pasar yang sebelumnya tidak diketahui kepada perusahaan.

Seperti yang Anda lihat dari resume terlampir saya juga berpengalaman dalam pengembangan produk baru, akuisisi, lisensi, dan ekspor. Kapan kita bisa membuat janji untuk mendiskusikan penjualan atau posisi pemasaran dengan perusahaan Anda? Saya bisa dihubungi di (021) 45642222.

Hormat kami,

Ratih Erviana Dewi

Sabtu, 05 Maret 2011

DEFINISI AKUNTANSI INTERNASIONAL

Nama : Ratih Erviana Dewi

Kelas : 4 EB 13

Npm : 20207895

Mata Kuliah : Akuntansi Internasional


Definisi Akuntansi Internasional

Konsep dari akuntansi universal atau dunia adalah yang paling luas ruang lingkupnya. Konsep ini mengarahkan akuntansi internasional menuju formulasi dan studi atas satu kumpulan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara universal. Tujuannya adalah untuk mendapatkan satu standardisasi lengkap atas prinsip-prinsip akuntansi secara internasional.

Di dalam kerangka kerja konsep ini, akuntansi internasional dianggap sebagai sebuah sistem universal yang dapat diterapkan di semua negara. Sebuah seperangkat prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum (generally accepted accounting principles-GAAP) yang diterima di seluruh dunia, seperti yang berlaku di Amerika Serikat, akan dibentuk. Praktik dan prinsip-prinsip yang dikembangkan akan dapat diberlakukan di seluruh negara. Konsep ini akan menjadi sasaran tertinggi dari suatu sistem internasional.

Konsep dari akuntansi komparatif atau akuntansi internasional mengarahkan akuntansi internasional kepada studi dan pemahaman atas perbedaan-perbedaan nasional di dalam skuntansi. Hal ini meliputi :

1. Kesadaran akan adanya keragaman internasional di dalam akuntansi

perusahaan dan praktik-praktik pelaporan.

2. Pemahaman akan prinsip-prinsip dan praktik-praktik akuntansi dari masing-

masing negara.

3. Kemampuan untuk menilai dampak dari beragamnya praktik-praktik akuntansi

pada pelaporan keuangan.

Munculnya paradigma baru di dalam akuntansi internasional memperluas kerangka kerja dan pemikiran untuk memasukkan ide-ide baru dari akuntansi internasional. Sebagai akibatnya, terbit daftar yang sangat panjang akan konsep-konsep dan teori-teori akuntansi yang dibuat oleh Amenkhienan untuk memasukkan hal-hal sebagai berikut :

1. Teori universal atau dunia

2. Teori multinasional

3. Teori komparatif

4. Teori transaksi-transaksi internasional

5. Teori translasi

Masing-masing teori-teori di atas memberikan dasar bagi pengembangan dari sebuah kerangka kerja konseptual untuk akuntansi internasional. Meskipun akan terdapat argumentasi mengenai teori manakah yang akan lebih disukai.

DEFINISI AKUNTANSI INTERNASIONAL :
Akuntansi internasional memperluas akuntansi yang bertujuan umum (general purpose yang berorientasi nasional, dalam arti luas untuk
- Analisa komparatif internasional
- Pengukuran dari isu-isu pelaporan akuntansinya yang unik bagi transaksi2 bisnis mulitnasional
- kebutuhan akuntansi bagi pasar-pasar keuangan internasional
- harmonisasi keragaman pelaporan keuangan melalui aktivitas-aktivitas politik, organisasi, profesi dan pembuatan standar

http://www.scribd.com/doc/26919691/Sejarah-dan-Perkembangan-Akuntansi

http://ucupneptune.blogspot.com/2007/11/mengapa-akuntansi-internasional.html